Friday, July 24, 2015

Tentang: Transmitter dan Transducer Echosounder

2.5.1. Transmitter

Secara umum transmitter adalah alat yang digunakan untuk mengubah perubahan sensing element dari sebuah sensor menjadi sinyal yang mampu diterjemahkan oleh controller. Sinyal untuk mentransmisikan ini ada dua macam yaitu pneumatic dan electric. Sistem transmisi pneumatic adalah transmisi menggunakan udara bertekanan untuk mengirimkan sinyal. Transmitter pada akustik kelautan khususnya pada echosounder berfungsi sebagai alat atau pesawat yang dapat membangkitkan getaran-gataran listrik. Transmitter menghasilkan pulsa listrik yang berfrekuensi dan berlebar tertentu tergantung dari desain transducer (Rccdoc, 2007).
Utami dan Soehartanto (2011) menjelaskan transmitter memiliki peran sentral dalam kinerja system echosounder. Transmitter memiliki beberapa level yang dapat disesuaikan. Transmitter adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memproses dan memodifikasi sinyal input agar dapat ditransmisikan sesuai dengan kanal atau saluran yang diinginkan. Secara sederhana pada echosounder, transmitter adalah pembangkit tenaga yang ada di echosounder. Transmitter menghasilkan getaran-getaran listrik yang akan diteruskan ke transducer.
2.5.2. Transducer

Transducer adalah salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan. Transducer memiliki peran vital. Shawne (1998) mengatakan transducer adalah proses selanjutnya setelah dari transmitter. Transducer memiliki fungsi            utama adalah untuk mengubah energi listrik menjadi energi suara ketika suara akan dipancarkan dan sebaliknya mengubah energi suara menjadi energi listrik ketika echo diterima. Dilihat dari fungsinya, maka secara umum transducer ini dibagi menjadi projector (untuk transmisi) dan hydrophone (untuk     penerimaan).
Sensor dan transduser merupakan peralatan atau komponen yang mempunyai peranan penting dalam sebuah sistem pengaturan otomatis. Ketepatan dan kesesuaian dalam memilih sebuah sensor akan sangat menentukan kinerja dari sistem pengaturan secara otomatis. Secara umum transducer adalah alat yang biasa pada elektonika, kelistrikan, mekanik elektronik, elektromagnetik, digunakan mengubah energi dari satu energi ke bentuk energi yang lain untuk berbagai pengukuran atau transfer informasi. Ada dua tipe transducer, transducer pertama adalah sebagai pemancar dan yang kedua receiver (Wasito, 1986).


Referensi:

Rccdoc. 2007. Transmitter and Receiver Systems. Chattered: Telemetry RCC.
Shawne A. K., 1998, Mechanical Measurement and Instrumentation, Dhanpat Rai and Co. (P) Ltd.
Utami dan Soehartanto. 2011. Perancangan Sistem Koreksi Level Transmitter pada Sistem Pengendalian Level Soda Water di Net Gas Wash Column C-5-05, Pt Pertamina (Persero) Ru V. Surabaya: ITS.

Wasito S. 1986. Vademekum Elektronika, cet. ketiga, PT Gramedia, Jakarta

0 comments: