Thursday, October 16, 2014

DAMPAK PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP KUALITAS AIR PERMUKAAN DI QUEENSCOUNTY , NEW YORK


DAMPAK PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP KUALITAS AIR PERMUKAAN DI QUEENSCOUNTY , NEW YORK


CHEMet merupakan salah satu metode tercepat dan termudah dalam bidang penentuan isi atau bahan dalam perairan secara rutin. Metode ini menggunakan ampul vakum tertutup yang berisi reagen yang diperlukan. Ampul pre hasilnya dimasukkan kedalam cangkir kecil yang diisi dengan sampel air. Air ditarik ke ampul dengan menjentikkan ujung dalam cangkir, yang menyebabkan perubahan warna dengan perbandingan grafik warna yang diberikan dengan tujuan menentukan konsentrasi. Konsentrasi ini dinyatakan dalam mg/L.
Akuifer diisi dari permukaan oleh curah hujan dan infiltrasi . Industri dan pertanian ( pestisida dan pupuk ) berkontaminasi secara bersamaan dengan sistem tangki septik yang menimbulkan dampak pada permukaan dan kualitas air tanah . Misalnya , tingginya tingkat nitrat dan pestisida dalam air tanah dan air permukaan telah dilaporkan di Nassau dan Suffolk County di Long Island ( Philips et al , 1999; . . Flipse et al , 1984) . Permukaan air yang dangkal dan kualitas air tanah dipengaruhi oleh aktivitas manusia . Pola penggunaan lahan mencerminkan baik jenis maupun intensitas kegiatan ini . Dengan demikian , penting untuk dipelajari mengenai hubungan antara penggunaan lahan di sekitar badan air dan kualitas air .
Senyawa yang mengandung nitrogen bertindak sebagai nutrisi dalam sungai, dan waduk . Jalur utama masuknya nitrogen ke badan air yaitu limbah kota dan industri , septic tank , banyaknya pembuangan pakan, limbah hewan ( termasuk burung dan ikan ) , limpasan dari bidang pertanian, rumput dan kotoran dari knalpot mobil ( EPA , 2002; Kehew , 2001; Koplin et al , 1994) . . Bakteri dalam air cepat mengkonversi nitrit ( NO2 ) menjadi nitrat ( NO3 ) dan proses ini menggunakan oksigen . Dampak utama dari nitrat / nitrit pada tubuh air tawar adalah pengayaan atau fertilisasi dan disebut sebagai eutrofikasi . Nitrat merangsang pertumbuhan ganggang dan plankton lainnya , yang menyediakan makanan bagi organisme yang lebih tinggi ( invertebrata dan ikan ) , namun kelebihan nitrogen dapat menyebabkan kelebihan produksi plankton dan ketika mereka mati dan membusuk mereka memakai oksigen , yang menyebabkan organisme lainnya tergantung pada oksigen seperti ikan mati. Konsentrasi nitrat yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan penggunaan pupuk di taman dan rumput. .
Amonia digunakan pada pupuk baik sebagai senyawa itu sendiri atau sebagai garam amonium seperti sulfat dan nitrat ( EPA , 2002) . Karena amonia merupakan produk dekomposisi dari urea dan protein , ditemukan dalam air limbah domestik. Kehidupan dalam air dan ikan juga berkontribusi terhadap kadar amonia di sungai dan kolam. Tingkat amonia yang mungkin disebabkan oleh pupuk yang digunakan di kebun sayur atau yang digunakan pada rumput .
Curah hujan dapat menyebabkan jumlah fosfat mengalir dari tanah pertanian ke saluran air terdekat. Fosfat akan merangsang pertumbuhan plankton dan tanaman air, yang merupakan makanan bagi ikan. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan populasi ikan dan meningkatkan kualitas air secara keseluruhan . Namun kelebihan fosfat yang memasuki perairan dapat menyebabkan eutrofikasi . Rumput dan pupuk tanaman sering terlibat sebagai sumber utama fosfat dalam lingkungan . Fosfat Soilbound berkontribusi terhadap polusi hanya bila terjadi erosi tanah . Masalah muncul ketika pupuk menyebarluaskan atau tumpah ke permukaan keras seperti jalan, jalan masuk dan trotoar . Di sini , fosfat mengalir dengan hujan melalui badai yang mengalir ke danau dan sungai . Demikian juga , potongan rumput dan dedaunan yang jatuh di permukaan keras melepaskan fosfor mereka ke sumber-sumber air . Penelitian menunjukkan bahwa 80 persen dari fosfor dari perkotaan berasal dari rumput dan daun yang berakhir di selokan jalan ( EPA , 2002; Miller , 2001 ) . Sementara potongan rumput beberapa dipangkas ke jalan terlihat salah , secara kolektif mereka memiliki dampak yang besar pada kualitas air kita . konsentrasi yang lebih tinggi adalah mungkin karena pupuk yang digunakan dalam kebun sayuran , taman bunga dan rumput . Meningkatnya penggunaan pupuk pada rumput  mempengaruhi kualitas air dalam sistem hidrologi perkotaan . Meskipun banyak faktor yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan konsentrasi nitrat , amonia , dan fosfat di permukaan air , penelitian ini menunjukkan korelasi antara konsentrasi dan pemanfaatan lahan , yaitu , rumah dengan rumput / taman dan taman . studi lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengidentifikasi jenis penggunaan lahan yang signifikan secara statistik berkontribusi terhadap perubahan yang signifikan dalam kualitas air .


Sumber:
Chowdhury, S., Ganesh, K., 2006. The impact of landuse on Surface water quality in queenscounty,                       new york.  Journal of environmental hydrology 14, 15.
Deri, Emiyarti, Afu, Alirman L., 2013. Kadar logam berat timbal (Pb) pada akar mangrove Avicennia                    marina di perairan teluk kendari.  Jurnal Mina Laut Indonesia Volume 01 No.01, 38-48.

0 comments: